GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Gempa Guncang Gunungkidul, Getaran Terasa Hingga Jawa Timur!

Malang, malangterkini.id - Yogyakarta kembali diguncang gempa bumi pada Senin malam, 26 Agustus 2024. Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,8 ini cukup terasa getarannya hingga ke beberapa wilayah di Jawa Timur, seperti Malang dan Nganjuk.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan pusat gempa berada di laut, sekitar 95 kilometer barat daya Gunungkidul. Kedalaman gempa tercatat sekitar 30 kilometer. Meski cukup kuat, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Jadi, teman-teman semua tidak perlu khawatir soal gelombang besar ya," ujar petugas BMKG saat dikonfirmasi.

Getaran Terasa di Beberapa Wilayah

Warga di sekitar Gunungkidul, terutama yang tinggal di daerah pesisir, mengaku merasakan guncangan cukup kuat. Beberapa benda di dalam rumah bahkan sempat bergoyang. "Rasanya kayak ada truk lewat di bawah rumah," ungkap Budi, salah satu warga.

Tidak hanya di Gunungkidul, getaran gempa juga dirasakan oleh warga di Malang dan Nganjuk, Jawa Timur. Meski tidak sekuat di pusat gempa, namun getarannya cukup membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah.

BMKG: Informasi Masih Dinamis

BMKG mengingatkan bahwa informasi mengenai gempa ini masih bersifat sementara dan dapat berubah sewaktu-waktu. "Data yang kami berikan ini sifatnya cepat ya, jadi masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data," jelas petugas BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh informasi yang tidak jelas. Jika terjadi gempa, segera lindungi diri di bawah meja atau benda yang kuat, dan jauhi bangunan yang retak atau rusak.

Gempa di Indonesia: Fenomena Alam yang Wajar

Terjadinya gempa bumi di Indonesia merupakan hal yang wajar, mengingat letak geografis Indonesia yang berada di wilayah Cincin Api Pasifik. Wilayah ini dikenal sebagai kawasan dengan aktivitas gempa bumi yang tinggi.

Untuk mengurangi risiko kerugian akibat gempa, penting bagi kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengikuti simulasi evakuasi dan membangun rumah tahan gempa.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network