GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Jumlah Penduduk Miskin di Kabupaten Malang Turun, Ini Dia Penyebabnya!

Malang, malangterkini.id - Kabar baik datang dari Kabupaten Malang! Jumlah warga yang hidup di bawah garis kemiskinan berhasil menurun. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, persentase penduduk miskin pada Maret 2024 turun menjadi 8,98%, lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 9,45%.

Apa yang menyebabkan penurunan ini?

Kepala BPS Kabupaten Malang, Erny Fatma Setyoharini, menjelaskan beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah situasi pascapandemi Covid-19 yang sudah membaik. Dengan membaiknya kondisi kesehatan, masyarakat bisa kembali beraktivitas dan mencari nafkah.

Selain itu, geliat perekonomian di Kabupaten Malang juga mulai bangkit, terutama sektor ekonomi kreatif yang menjadi perhatian pemerintah. Penurunan tingkat pengangguran pun turut berkontribusi dalam mengurangi jumlah penduduk miskin.

Program Bantuan Sembako (BPNT) yang disalurkan tepat waktu juga dinilai sangat efektif, terutama selama masa pandemi. Bantuan ini membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sehingga tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Karakteristik Penduduk Miskin

Meskipun jumlah penduduk miskin menurun, Erny Fatma menekankan bahwa masih ada sekitar 240.140 jiwa yang hidup dalam kemiskinan. Sebagian besar dari mereka termasuk dalam kategori kemiskinan kronis.

Penduduk miskin dengan kategori kronis ini memiliki karakteristik yang khas, yaitu sering kali menjadi orang terakhir yang mendapatkan kesempatan, paling sedikit menerima manfaat dari pertumbuhan ekonomi, dan memiliki kualitas hidup yang rendah. Mereka juga sering kesulitan dalam mengambil keputusan dalam hidup.

Perbandingan dengan Jawa Timur

Jika dibandingkan dengan tingkat kemiskinan di Jawa Timur, Kabupaten Malang berada di posisi ke-17. Secara keseluruhan, tingkat kemiskinan di Jawa Timur juga mengalami penurunan.

Harapan ke Depan

Penurunan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Malang merupakan pencapaian yang positif. Namun, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat perlu terus berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan hingga ke titik nol.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, diharapkan ke depannya tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang dapat terus meningkat.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network