GfC8TSAlTSGoTUAoTfz7GpA9TA==

Pemkab Malang Borong Belanja Online, Raih Penghargaan E-Purchasing Awards

Malang, malangterkini.id - Pemkab Malang kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, pemerintah daerah berhasil meraih peringkat keempat sebagai kabupaten/kota dengan transaksi belanja online terbesar di Jawa Timur. Penghargaan bergengsi ini diberikan dalam ajang E-Purchasing Awards 2024 yang digelar di Grand City Convention and Exhibition, Surabaya, kemarin (20/8).

Prestasi gemilang ini tak lepas dari komitmen Pemkab Malang dalam menerapkan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau e-purchasing. Dengan memanfaatkan platform e-katalog, Pemkab Malang berhasil merealisasikan transaksi belanja mencapai sekitar Rp 254,51 miliar.

"Ini membuktikan bahwa kita serius dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel," ujar Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, dengan bangga. "Selain itu, e-purchasing juga menjadi salah satu upaya kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM di Kabupaten Malang."

Menurut Didik, sistem e-purchasing memiliki banyak keuntungan. Selain lebih mudah, cepat, dan transparan, sistem ini juga dapat meminimalkan risiko terjadinya korupsi. Lebih lanjut, dengan memanfaatkan e-katalog, pemerintah daerah dapat dengan mudah mengakses produk-produk UMKM lokal sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pemanfaatan e-purchasing di Kabupaten Malang," tegas Didik. "Harapannya, dengan semakin banyaknya transaksi yang dilakukan melalui e-katalog, maka akan semakin banyak pula UMKM yang dapat tumbuh dan berkembang."

Nilai Plus untuk UMKM

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang, Ferry Hari Agung, menjelaskan bahwa penilaian untuk ajang E-Purchasing Awards ini dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023. Penilaian meliputi berbagai jenis pengadaan barang, seperti tender, pengadaan langsung, dan purchasing melalui e-katalog.

"Dari hasil penilaian tersebut, Pemkab Malang berhasil menempati peringkat keempat untuk kategori transaksi melalui e-katalog," ungkap Ferry. "Ini menunjukkan bahwa kita telah berhasil mengoptimalkan pemanfaatan e-katalog dalam proses pengadaan barang dan jasa."

Ferry menambahkan bahwa dengan adanya penghargaan ini, diharapkan dapat semakin memotivasi seluruh perangkat daerah di Kabupaten Malang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa Pemkab Malang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengikuti jejak Kabupaten Malang dalam menerapkan sistem e-purchasing," pungkas Ferry.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network